Jumat, 27 September 2024

Pengalaman Sewa Apartemen, Alternatif Staycation di Surabaya

Akhirnya ya, Cemil menginjakkan kaki juga di Jawa Timur, setelah lama berandai-andai ingin napak tilas ke Banyuwangi. Tujuan utamanya sih nganter si sulung Zia yang kuliah di Surabaya, dan enggak sempat napak tilas juga. Tapi at least saya bisa ngicipin atmosfer Kota Pahlawan di Timur Jawa itu. Kayaknya bakal sering diulang deh, dengan alasan jenguk anak hehe..

Akhir Juli yang lalu saya mengantar Zia yang jadi mahasiswa baru di Universitas Negeri Surabaya (Unesa). Perjalanan ke sana sudah dirancang jauh-jauh hari, dengan memperhitungkan budget sehemat mungkin. Akhirnya diputuskan pulang pergi naik kereta. Untuk penginapannya, meskipun ada beberapa saudara di Surabaya, tapi saya memilih mendekati kampus Zia di Unesa Lidah Wetan, Surabaya Barat. Setelah melalui serangkaian riset (taelah..), pilihan saya menginap di apartemen. 

Ini pengalaman pertama saya menginap di apartemen. Biasanya ya langsung aja cari hotel dekat lokasi. Sebenernya bukan staycation ya seperti judul di atas. Lebih tepatnya ini apartemen buat tempat nginep/tidur aja. Tapi, setelah merasakannya, ternyata bisa juga kok jadi rekomendasi staycation.

Perdana, Booking Apartemen via Travelio

Dengan berbagai pertimbangan, saya pilih Apartemen Tanglin Supermall Mansion. Jaraknya kurang lebih 2 km dari Unesa. Pesannya via aplikasi Travelio.

Saat saya riset (browsing-googling) cari-cari opsi penginapan, eh! ternyata nemu aplikasi khusus sewa menyewa apartemen yang bisa sewa harian. Sebenernya udah pernah tau aplikasi Travelio ini, tapi dikira hanya untuk jual beli dan sewa apartemen tahunan aja. Setelah cek berbagai ulasannya, okelah diputuskan coba booking via aplikasi Travelio. 

Cari unit apartemen via aplikasi ini tak sulit. Setelah daftar dengan menggunakan email dan nomor ponsel, tinggal searching lokasi/daerah yang dituju. Jangan lupa masukkan tanggal periode menginap dan klik sewa harian. 

Langsung muncul tuh deretan pilihan unit-unit apartemen, lengkap dengan harga, gambar, lokasi, fasilitas, dan ulasannya. Ada diskon ekstra juga kalau periode menginap 4 hari atau lebih.

Ada sedikit pengalaman baru nih booking via Travelio. Ternyata, selain bayar harga sewa unit/kamar, penyewa juga diwajibkan membayar uang deposit sebesar Rp300.000. Uang ini tidak perlu dibayar bersamaan dengan bayar sewa, tapi wajib dibayar sebelum check-in. Deposit nantinya dikembalikan full setelah checkout, jika tidak ada barang-barang di kamar yang rusak atau hilang.
Aplikasi Travelio. Bisa juga buka di browser

Selain soal deposit, yang baru lagi buat saya adalah alur booking. Setelah booking unit dan bayar kamar, akan ada room boy yang menghubungi via WhatsApp ponsel terdaftar. Room boy ini akan mengingatkan dan memandu langkah-langkah selanjutnya sampai mendampingi penyewa untuk check-in dan checkout di lokasi. Setelah itu, maksimal H-1 jadwal menginap, penyewa diharuskan menginput rencana waktu check-in dan checkout melalui aplikasi, mengunggah KTP, memasukkan nomor rekening untuk pengembalian deposit, dan mentransfer deposit. 

Lalu 2 jam atau paling lambat 30 menit sebelum waktu check-in yang telah ditentukan, kita sebagai penyewa, diminta untuk menghubungi room boy-nya, semacam bilang "OTW ya.." via WA. Kalaupun kita lupa kontak, nanti room boy-nya yang bakal hubungi kita untuk kepastian jam kedatangan. 

Dengan kontak-kontakan ini, penyewa yang datang akan disambut room boy sejak turun dari mobil, dibantu dibawakan koper/barang-barangnya, diambilkan kunci akses kamar, diantar ke kamar dan dijelaskan fasilitas serta peraturan apartemen. 

Saat ke sana waktu itu,room boy yang menangani pemesanan apartemen saya namanya Andri. Mas Andri ini masih muda, ramah, sat set dan helpful. Saya late check-in sampai jam 7 malam pun ditunggu dan diladeni dengan sabar. Tidak ada adminstrasi lain yang harus dilakukan di lobi saat datang, jika semua prosedur check-in telah dilakukan.

Kalau saatnya checkout, penyewa diminta mengembalikan access card dengan menaruhnya di ruang mailbox, yang berisi laci-laci bernomor kamar, memoto bukti pengembalian tersebut, dan mengirimkan foto itu ke WA room boy. Cuss tinggal pulang, deposit saya waktu itu kembali masuk rekening H+2 hari kerja setelah checkout
Mailbox

Review Unit Apartemen Tanglin

Saya pilih Tanglin Supermall Mansion, karena terhubung langsung dengan Pakuwon Mall, mall besar yang isinya komplit mulai dari Department Store, Supermarket, toko sepatu, toko perkakas, toko obat, bioskop, optik, salon, resto, dll sampai foodcourt. Jadi, tinggal turun lift bisa langsung ngemol cuci mata... 

Akses mall

Ada beberapa apartemen yang terhubung dengan salah satu mall terbesar di Surabaya ini. Ada Tanglin, Anderson, Benson, Orchard. Lobi depan apartemen untuk Tanglin dan Orchad jadi satu, cuma pintu masuk liftnya aja yang beda.
Lobby Apartemen : ke kiri Tanglin, ke kanan Orchad

Di Travelio saya memilih unit Modern and Homey Studio (no kitchen). Unit ini berada di lantai 5 Apartemen Tanglin Supermall Mansion. Bedanya dengan unit with kitchen, yang no kitchen tidak tersedia kompor untuk memasak. Yaaa karena gak niat masak-masak, tuk apa juga bayar kompor hehehe...

Ukuran kamar studio ini 22 m², dengan queen bed standar yang cukup untuk berdua. Kamarnya dilengkapi dengan AC, lemari baju, kursi & meja rias, meja kursi kecil, TV.
Queen bed

Room

Meski tanpa kompor, fasilitas "kitchen" di unit ini cukup lengkap lho. Ada kitchen set kecil yang menyatu dengan wastafel lengkap dengan sabun dan spons untuk cuci piring, ada kulkas, rice cooker, ketel listrik, microwave. Dalam lemari dapurnya tersedia piring, mangkuk, gelas, cangkir, sendok, garpu, yang memang disediakan untuk 2 orang, lalu ada pisau, gunting, serbet.
Room

Kitchen sink, microwave, kulkas

Selain itu, untuk kebersihan kamar juga tersedia sapu, pel, serok, tempat sampah dan plastik sampah.

Seperti di hotel, kamar mandinya dengan shower air panas, disediakan handuk 2 buah beserta sabun, shampoo dan sikat + pasta gigi.
Bathroom

Saat pertama kali masuk unit, disediakan 2 buah air mineral ukuran 600 ml. Tapi cuma sekali itu aja. Hari selanjutnya kudu bawa bekel sendiri yaa.. 

Secara keseluruhan unit yang saya tempati di lantai 5 itu cukup nyaman, AC dingin, bersih,  komplit dan berfungsi dengan baik semua kelengkapannya. Tapi jujurly, dengan kamar ukuran 22 m² rasanya sih gang senggol ya, berhubung banyak perabot furniturnya. Mau gelar sajadah untuk solat, agak bingung cari space-nya. Maju kena mundur kena haha... 

Liat pemandangan dari balkon lantai 5 cukup menarik juga, apalagi kalau lantainya lebih tinggi. Oya di balkon juga bisa jemur baju karena disediakan gantungan dan penjepit jemuran. 
Pemandangan pagi dari balkon

Pemandangan malam dari balkon

Saya booking 3 malam di apartemen ini lebih banyak di luar kamar sih. Jadwal padat merayaaap... Jadinya ya memang masuk kamar tuk istirahat dan bobo cantik aja. Lingkungan di lantai 5 cenderung sepi. Mungkin orang-orang lebih banyak sewa di lantai yang lebih tinggi. 
Lorong lantai 5

Karena apartemen tak ada fasilitas sarapan seperti hotel, jadi kudu prepare sendiri buat sarapannya. Waktu itu saya beli (tepatnya ditraktir) bekal malam tuk sarapan besok paginya. Jadi pagi pagi tinggal masukin ke microwave sebelum disantap. Hari berikutnya juga begitu, jajan malam untuk bekel besok pagi. 

Untuk makan siang dan malamnya sih lebih banyak di luar apartemen. Pernah sekali makan di food court mall, dan pernah juga order GrabFood (diambil di lobi bawah). 

Dengan perlengkapan kitchen yang cukup lengkap, walaupun tanpa kompor, bisa juga sebenarnya buat semacam Popmie, atau beli lauknya aja dan masak nasi di kamar (jangan lupa sedia beras). 

Fasilitas lainnya di apartemen ini adalah fitness center/gym di lantai dasar dan kolam renang. Kolam renangnya cukup luas dan ada arena tuk bermain anak. Sayangnya selama saya di sana tak sempat pakai kedua fasilitas tersebut. 

Lalu ada laundry yang letaknya dekat fitness center. Jadi, kalau nginep cukup lama dan males nyuci, adanya binatu ini membantu banget. 

Pool

Gym

Laundry

Yang agak me-ribet-kan menurut saya adalah tidak adanya fasilitas parkir mobil/motor untuk penyewa apartemen harian. Parkir gratis hanya diberikan untuk penyewa bulanan/tahunan. Jadi kalau sewa apartemen harian dan bawa kendaraan, siap-siap parkir di area mall dan berbayar. Untungnya saya gak bawa mobil. Keluar masuk apartemen saya pakai taksi online atau dijemput kerabat. 

Untuk biaya menginap di apartemen ini terjangkau banget sih, Rp295.000/malam + cleaning fee Rp110.000 (dibersihkan setelah checkout). Ada tambahan diskon 5% = Rp70.000 karena saya book 4 hari. Oya di aplikasi juga disediakan opsi penambahan akses wifi seharga Rp25.000/hari/2 GB dan jasa kebersihan perhari dengan tambahan biaya. Saya tak berminat ambil keduanya. So, total biaya sewa 4 hari 3 malam include PPN di apartemen ini Rp925.000 atau kurang dari sejuta.

Kesimpulan

Setelah perdana merasakan menginap di apartemen, kesimpulannya saya enggak kapok staycation di apartemen di Surabaya. 

Tapiiii... dengan 2 catatan. Pertama, menginap untuk jangka waktu yang lebih panjang supaya bisa eksplor fasilitas apartemen. Kedua, menginapnya di unit yang lebih luas dari 22 m².

Namun, jika ada budget lebih, saya prefer staycation di hotel sih. 

Pros 
- Harga sewa terjangkau
- Fasilitas kamar maupun apartemen lengkap
- Pintu akses menuju mall
- Unit nyaman dan bersih
- Room boy yang helpful

Cons
- Tidak ada fasilitas parkir untuk sewa harian
- Luas kamar 22 m² kurang memadai
- Tidak ada sarapan
- Room service harian berbayar
- Adanya kebijakan deposit

Ada yang punya pengalaman staycation di apartemen? Berbagi di komen yuuk... 


*)Pict: Travelio & dokpri
Latest
Next Post

Lifestyle blogger, reviewer, content writer

23 komentar:

  1. Selama ini belum pernah menginap di apartemen krn kebetulan kami gak perlu fasilitasnya seperti kitchen. Plus, krn berpergian sama ibu yang sdh sepuh, kami justru lebih suka kamar yang sempit agar memudahkan ibu saya jalan. Tapi memang sih, kalau perginya ramai2 ya, sewa ruangan apartemen ini ok banget. Bisa memuat orang lebih banyak apalagi di sini ada akses menuju mall.

    BalasHapus
  2. Eh kalo nginap 4 hari 3 malam gak sampe sejuta ya hitungannya terjangkau. Apalagi dengan fasilitas apartemen yg cukup lengkap.

    Saya belum pernah sewa apartemen nih. Jadi bisa ngebayangin alurnya kalo mau sewa via travelio.

    BalasHapus
  3. Saya suka nginep di apartemen itu ruangan lebih luas daripada hotel biasa. Dan bisa masak. Jadi enak buat tukang makan kayak saya. Lebih homey aja gitu

    BalasHapus
  4. Bisa ya sewa apartemen harian. Wah, kalau ada yang pingin nyoba tinggal di apartemen bisa nih sewa lewat Travelio juga.

    BalasHapus
  5. Menarik juga ya mba nginep di apartemen. Kalau baca sampe akhir mba jabarin kelebihan dan kekurangan secara gamblang, jadi tiap orang yang mau nginep di apartemen bisa mempertimbangkan semua aspek sebaik mungkin.

    Sebenernya kelebihannya udah oke banget juga dan pastinya dari sisi budget lumayan bersahabat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, apartemen bisa jadi alternatif pilihan menginap kalau sdg traveling ya mbak

      Hapus
  6. sekarang apartemen menjadi salah satu alternatif untuk menginap ya mba, pastinya yang aman dan nyaman, bisa jadi referensi kalau nanti ke Surabaya ya pastinya dan fasilitasnya juga lengkap ya

    BalasHapus
  7. Eh aku baru tau Traveloka msh aktif. Dulu memang sempet booming, tp mudian kayak tenggelam gitu loh mbak. Jadi aku pikir ga survive kayak Bbrp aplikasi booking hotel.

    Syukurlah kalo masih ada. Dan sepertinya mulai bangkit yaa.

    Aku kalo di LN seriiing nginep di apartemen, apalagi kalo Ama temen2 travelingnya. Tp kalo di Indonesia ga pernah. Eh sekali doang sih.

    Kalo mau jujur, memang lebih enak hotel. Krn aku tipe yg kalo nginep di suatu tempat, kamar udah dirapiin Ama cleaning service, JD pas malam pulang udah rapi lagi kayak di awal

    Sementara kalo apartemen kan ga bisa. Hrs kita yg rapihin 🤭. Secara kalo udh capek jalan, pulangnya udh ga ada tenaga bersihin kamar kan.

    Cuma kalo di LN apartemen LBH murah, bisa sharing. Makanya aku prefer itu Ama temen2. Kalo Ama suami, ttp hotel yg kami pilih.

    Btw, aku ga nyangka anakmu udh ada yg kuliah mbaa 😄👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mb Fanny salah nulis deh. Maksudnya Travelio yaa.. 😄

      Iyaa. Anakku udah bujangan mbaa. Pernah dipublikasi di blog ini juga 5 thn yl, waktu dia SMP. Hihihi

      Hapus
  8. dari dulu sama temen rencana kalau ke surabaya cobain nginep di apartemen, tapi batal terus dan aku malah sering milih di hotel
    sekali-kali nyobain nginep di apartemen seru juga ya, apalagi kalau yang gede biar bisa rame-rame.
    dari segi biaya harganya murah ini, untuk ukuran Surabaya menurutku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul. Klo rame² bisa seru mbak. Ada unit apartemen dengan 2 atau 3 kamar juga dengan harga yang relatif terjangkau

      Hapus
  9. Barakallahu fiik, ka... atas diterimanya ananda di Unesa.
    Aku pikir tadi Unesa Ketintang. Aku lupa banget karena Unesa kini uda sebagian besar di Lidah yaa..

    **Ibukku rumahnya di belakang Unesa Ketintang.
    Jadi tadi sempet mikir apartemen mana yaa.. yang deket Ketintang? Hehhee..

    Surabaya keren yaah..
    Hehhee, kota tempat aku dibesarkan dan kampung halaman sii..
    Tapi kalo di Lidah tuh kudunya banyak tempat kulineran yaa.. Apalagi letaknya deket kampus.

    Tapi mindset aku sama kampus Lidah tuh berasaaa MEWAH gituu...
    Beda sama vibes Ketintang yaa...

    Ini kayak kalok Uner tuh kampus A sama B.
    Begitu ke kampus C, walaaah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih, tantee.
      Oh mb Lendy arek Suroboyo toh.. Wah rumah ibunya di Ketintang, sekarang masih tinggal di sanakah?
      Iya aku baru tau sekitaran kampus Lidah Wetan tuh lingkungannya wow ya! Bnyk apartemen n mall..

      Hapus
  10. Buat saya yang belum pernah nginap di apartemen jadi nambah info nih. Bagaimana persiapan kalau mau pakai apartemen, dan persiapan apa saja yang harus disiapkan termasuk pemenuhan kebutuhan saat di apartemen

    Senangnya harga terjangkau ya meski ada dimintai bayaran lain²
    Terimakasih banyak informasinya

    BalasHapus
  11. Wah patut dicoba nih staycation di apartemen, pasti bisa jadi lebih betah dan nyaman karena ada furnitur pendukung yang lebih lengkap seperti kulkas, dapur, dan lainnya. Serasa rumah sendiri nggak sih.

    BalasHapus
  12. Enak juga ternyata pesan apartemen di travelio kak. Btw memang apartemennya cakep. Nampak dari kamarnya bersih dan rapi banget. Letaknya juga jadi pilihan karena dekat ke Pakuwon mall. Aaaah mau juga nanti kalo ada perjalanan ke Surabaya saya nginep di sini.

    BalasHapus
  13. Sewa apartment jauh lebih murah ya, apalagi jika sewanya lama. Walau ada deposit gpp lah, kan nanti dikembalikan juga ya, Mba.

    BalasHapus
  14. Apartemen Tanglin ini, yang Mbak pilih walaupun tanpa kompor, ada oven microwave-nya ya jadi lumayan juga buat manas2in makanan atau bahkan masak yang sederhana ... semacam masak mie instan bisa. Terhubung dengan mal pula .... jadi asyik ya tempatnya.

    BalasHapus
  15. apartemennya terlihat nyaman ya mba dan beberapa teman ada yang rekoemndasikan juga untuk pesan apartemen kalau ke Surabaya katanya dan ternyata bisa lewat Travelio ini ya

    BalasHapus
  16. Tergantung kebutuhan kali ya. Ada enaknya nginap di apartemen kayak gitu. Apalagi ada mini kitchen dengan microwave dsb. Kalau di hotel belum ada tuh kecuali ambil fasilitas tertentu atau bintang 4 ke atas. Cuma partemen kelemahannya kamarnya emang sempit ya lebih luas kamar hotel.

    BalasHapus
  17. Wow, saya belum pernah staycation di apartemen. Jadi pengen nyoba juga. Sayang exclude sarapannya, padahal itu salah satu yang ditunggu-tunggu kalau sedang staycation. Hehe.

    BalasHapus